Kamis, 07 Desember 2017

Pembangunan Kampung Harus Mengacu Dokumen RPJM

Musrenbangkam Pancakarsa Purnajaya
Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung (Musrenbangkam), dilaksanakan di Kampung Pancakarsa Purnajaya Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang, Kamis (7/12/2017), dihadiri Camat Banjar Baru Arianto, S.STP, beserta Sekretaris Kecamatan Antoni Saputra,SE, serta sejumlah Kasi dan Kasubbag Kecamatan Banjar Baru.

Dalam pengarahannya pada Musrenbangkam tersebut, Camat menjelaskan bahwa bagi kampung yang masih dipimpin oleh Kepala Kampung lama atau tidak melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung, seperti Kampung Pancakarsa Purnajaya, maka program pembangunan kampung yang dilaksanakan diharapkan harus menyesuaikan dengan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang telah dibuat dan masih berlaku hingga akhir masa jabatan Kepala Kampung.

“Kampung yang memiliki RPJM yang berlaku hingga akhir masa jabatan kepala kampung, hanya melanjutkan pembangunan yang sudah direncanakan sebelumnya dalam dokumen RPJM, untuk dijadikan pedoman bagi penetapan skala prioritas pembangunan kampung,” terang Camat Banjar Baru Arianto.

Karena itu, menurut Camat, Tim Penyusun dokumen Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) tahun Anggaran 2018 di tiap kampung, agar dalam manampung usulan masyarakat dan kelembagaan kampung, diharapkan harus benar-benar menetapkan skala prioritas program yang sesuai dengan yang sudah dicantumkan dalam dokumen RPJM yang ada.

“Maka itu dari awal selalu saya sampaikan ke aparat kampung dan masyarakat tentang pentingnya penyusunan dokumen RPJM bagi Kampung yang Kepala Kampung baru menjabat untuk menyusun sebaik-baiknya program 6 tahun dalam masa bhaktinya. Dan untuk menyusun RPJM, dimulai dari Musyawarah Dusun juga sangat penting untuk menampung sebanyak-banyaknya usulan pembangunan dari masyarakat, maupun juga usulan dari kelembagaan kampung,” kata Camat.

Musrenbangkam yang berlangsung di Balai Kampung Pancakarsa Purnajaya itu, diantaranya juga dihadiri oleh unsur Puskesmas, serta Kepala Kampung Pancakarsa Purnajaya, Bakri beserta perangkat kampungnya, BPK, LPM, PKK, Gapoktan, KWT, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala Kampung Bakri menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan perhatian Camat beserta jajarannya, dan berbagai unsur masyarakat yang berperan dalam Musrenbangkam di Kampungnya.

“Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Camat beserta jajaran, dan semua masyarakat. Pada kesempatan ini kami menyampaikan beberapa skala prioritas pembangunan Kampung Pancakarsa Purnajaya yang pada tahun sebelumnya belum dilaksanakan, akan dilaksanakan tahun 2018 mendatang. Untuk itu kami juga mohon pengarahan dan pembinaan dari Pak Camat, serta kami harapkan dukungan seluruh unsur masyarakat untuk selalu berpartisipasi membangun dan memajukan kampung kita,” kata Bakri. ***

Tidak ada komentar: