Selasa, 05 Desember 2017

“Pembangunan Kampung, Bukan Pembangunan Bagi Rata”

Camat Banjar Baru, Arianto, S.STP
Camat Banjar Baru Arianto,S.STP mengingatkan kepada kampung-kampung di wilayahnya agar dapat menetapkan skala perioritas pembangunan kampung dengan sebaik-baiknya, bukan sekedar di bagi rata atas kepentingan Tim Penyusun atau per Dusun, tapi kepentingan menyeluruh yang bermanfaat bagi kemajuan kampung.

“Pembangunan kampung, bukan pembangunan bagi rata. Artinya skala prioritas pembangunan kampung lebih penting, bukan sekedar atas kepentingan Tim Penyusun, atau hanya kepentingan per Dusun,” pesan Camat.

“Jangan ada perdebatan atau ‘iri-irian’ masyarakat jika ada di Dusunnya tidak mendapat alokasi program pembangunan. Karena anggaran kampung itu dilaksanakan berdasarkan skala perioritas. Pembangunan kampung bukan dalam arti merata setiap dusun, tapi memperhatikan kepentingan utama dari kampung tersebut,” ingatnya.

Hal itu disampaikan Camat Arianto, saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung (Musrenbangkam) Kahuripan Jaya, Selasa siang (5/12/2017), bertempat di Balai Kampung setempat.

Lebih lanjut Camat mengatakan bagi kampung yang Kepala Kampungnya barusaja dilantik, agar dapat segera membentuk Tim Penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

“Seperti, Kahuripan Jaya ini karena Kepala Kampungnya baru, agar segera membentuk Tim Penyusun RPJM, untuk menetapkan rencana pembangunan 6 tahun ke depan. Tampung usulan sebanyak-banyaknya dari masyarakat, mulai dari musdus, usulan per lembaga BPK, PKK, KWT, Gapoktan, LPM, Karang Taruna, dan Linmas. Untuk kemudian ditentukan skala perioritas pembangunan kampungnya,” lanjut Camat Arianto.

Kepala Kampung Kahuripan Jaya, Sutejo mengucapkan terima kasih kepada Camat beserta jajaran kecamatan dan unsur terkait yang telah hadir dan memberikan perhatiannya dalam Musrenbangkam Kahuripan Jaya.

“Untuk menjaring aspirasi masyarakat, Kampung Kahuripan Jaya telah melaksanakan Musdus.Dari Musdus telah mengerucut sejumlah urutan perioritas pembangunan 2018, yang kemudian juga dibahas melalui Musrenbangkam ini,” kata Sutejo.

Sejumlah Perioritas Pembangunan Kampung Kahuripan Jaya tahun mendatang diantaranya : pembangunan Jalan onderlagh, Gorong-gorong, Drainase, Sumur bor plus MCK, Tiang lampu jalan, Pembentukan Jalan produktif, Puskesdes, Bantuan Jambanisasi melanjutkan Pembangunan Masjid, pembangunan lapangan Volly dan badminton, Bedah Rumah dan lain-lain.

“Kami mohon pembinaan dan pengarahan dari Bapak Camat dalam penyusunan anggaran pembangunan kampung ke depan. Dan kepada masyarakat Kampung Kahuripan Jaya, kami juga mengajak untuk meningkatkan kebersamaan, serta mengutamakan kepentingan pembangunan kampung dan masyarakat,” kata Sutejo. ***

Tidak ada komentar: