Rabu, 17 Maret 2010

SARANA PRASARANA

SARANA PRASARANA

Sebagai kecamatan yang baru terbentuk pada tahun 2009, sarana perkantoran dan fasilitas umum di Kecamatan Banjar Baru masih sangat terbatas. Salah satu contohnya adalah Kantor Kecamatan, pada tahun 2009 untuk sementara masih harus menumpang di Kantor/Balai Kampung Kahuripan Jaya, tetapi hal ini tidak menjadi penghalang dan kendala bagi Pemerintah Kecamatan untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Sementara pembangunan Gedung Kantor Kecamatan dan fasilitasnya, baru dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2010, beserta perbaikan jalan yang menjadi akses menuju pusat pemerintahan kecamatan.
Namun demikian untuk di kampung-kampung, sebagian besar sarana prasarana yang dibutuhkan masyarakat pada dasarnya telah terpenuhi, seperti Balai Kampung, Kantor PKK, Posyandu, sekolah-sekolah terutama mulai TK, SD hingga SMP, sarana peribadatan seperti Masjid, Gereja dan Pura, lapangan olahraga dan lain-lain.
Selain itu di bidang kesehatan, saat ini juga telah berdiri dan ditingkatkan status Puskesmas Pembantu yang berada di Kampung Pancakarsa Purnajaya menjadi Puskesmas Induk di Kecamatan Banjar Baru.

Data Sarana Prasarana / Fasilitas Umum

NO.

SARANA PRASARANA
JUMLAH
KETERANGAN
 1.
Kelembagaan Ekonomi



- KUD
1


- Pasar Tradisional
4


- Toko
10


- Warung
238


- Kios Saprodi
6


- Koperasi Simpan Pinjam
4





2.
Pendidikan



- Sekolah Dasar
9


- SLTP
6
Negeri dan Swasta

- SLTA
1
Swasta

- Madrasah Tsanawiyah
2


- Taman Kanak-Kanak
9


- Pesantren
2





3.
Kesehatan



- Puskesmas Induk
1
Puskesmas Banjar Baru

- Puskesmas Pembantu
4


- Klinik Kesehatan
2


- Bidan Desa
9





4.
Sarana Peribadatan



- Masjid
15


- Surau/Mushola
50


- Gereja
5


- Pure
5





5.
Lain-Lain



- Lapangan Sepakbola/Olahraga
10
Ada di setiap Kampung

(doc.by fr)