Jumat, 29 Oktober 2010

Profil Kampung Pancakarsa Purnajaya

PROFIL KAMPUNG PANCAKARSA PURNAJAYA
Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang


Sejarah Kampung

 Kampung Pancakarsa Purnajaya terbentuk tahun 1978, yang pada awal berdirinya merupakan wilayah lokasi pemukiman yang ditempati oleh warga transmigrasi umum yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

Penempatan warga transmigrasi itu dilakukan pada bulan Juli s.d November 1978 terdiri dari 2 Rayon dengan jumlah 1.017 jiwa atau 250 Kepala Keluarga, yang menempati areal seluas 1.802 ha.
Pada mulanya kampung ini diberi nama Pemukiman Transmigrasi Unit 5 Tulang Bawang dipimpin Kepala Unit (1978 – 1984) dan dalam binaan Departemen Transmigrasi. Kemudian Tahun 1984 – 1992 diserahterimakan kepada daerah menjadi Kampung persiapan, dan Tahun 1994 sampai sekarang menjadi Kampung defenitif dengan nama Pancakarsa Purnajaya, serta tanggal 27 Juli 1984 ditetapkan sebagai hari jadi Kampung.
Selanjutnya untuk memperlancar jalannya roda pemerintahan, tanggal 22 Februari 1994 dibentuk Perangkat Kampung terdiri dari Kepala Kampung, Juru Tulis Kampung, Kepala Urusan Pemerintahan, Kepala Urusan Umum, Kepala Urusan Pembangunan dan 5 RK.
Pergantian Kepala Kampung Pancakarsa Punajaya sejak tahun 1984 hingga sekarang antara lain :
1. Tumijan/Gotto (1984 – 1986),
2. Supingi (1986 - 1990)
3. Agus M Fajar (1990-1991)
4. Supingi (1991-1995)
5. Subani (1995-1999)
6. Murdani (1999 - 2005)
7. Suyidi (2005-2007)
8. Sumarji (2007- sekarang)
          Sedangkan mengingat luas wilayahnya, tahun 2008 dimekarkan Kampung Panca Mulya dari wilayah Kampung Pancakarsa Purnajaya. Kampung Panca Mulya sendiri resmi berpisah dari Kampung Pancakarsa Purnajaya, sejak didefinitifkan tanggal 30 Desember 2008 oleh Bupati Tulang Bawang Dr. Abdurachman Sarbini.

Letak Geografis
Kampung Pancakarsa Purnajaya terletak di jalur stategis yang dilalui Jalan Lintas Timur Sumatra, yang berjarak 6 km dari ibukota kecamatan dan 23 km dari ibukota kabupaten.
Luas wilayah kampung adalah 902 Ha, dengan perbatasan kampung, di sebelah utara berbatasan dengan Kampung Banjar Agung, sebelah selatan dengan Kampung Kahuripan Jaya, sebelah timur dengan Kampung Mekar Indah Jaya dan di sebelah Barat dengan Kampung Panca Mulya dan Kampung Cahyow Randu Kabupaten Tulang Bawang Barat. 
Wilayah kampung terdiri dari lahan persawahan tadah hujan sekitar 11 ha, tanah kering untuk peladangan/perkebunan 801 ha, dan selebihnya daerah pemukiman, perairan dan lain-lain. 

Potensi Kampung

- Sumberdaya manusia
Jumlah penduduk kampung pancakarsa purnajaya adalah 2.109 jiwa, terdiri dari 1.085 laki-laki, 1.024 perempuan dan jumlah Kepala Keluarga (KK) 561 (data Oktober 2010). Mayoritas penduduk memeluk agama Islam, disamping agama Kristen dan Hindu.
Meski heterogen, masyarakat hidup rukun, serta nuansa kekeluargaan, kebersamaan dan semangat kegotongroyongan masih sangat kental di kampung ini, diantaranya ditunjukkan dari kegiatan musyawarah kampung dan gotong royong yang rutin dilaksanakan.

- Sumberdaya Alam    
Dengan luas wilayah yang dimiliki, Kampung Pancakarsa Purnajaya berpotensi untuk pengembangan sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Namun dari semua potensi itu, sektor unggulan adalah perkebunan, disamping masyarakat juga ada yang bekerja sebagai peternak, pedagang, petani sawah, pegawai maupun profesi lainnya. 
Meski sekitar 75% penduduk hanya berpendidikan SD, SMP dan SMA, tetapi kondisi ekonomi sebagian besar masyarakat cukup mapan, dengan penghasilan utama masyarakat yaitu dari perkebunan karet, kelapa sawit dan ubi kayu.
Tidak hanya itu, keberadaan Gapoktan dan kelompok tani di Kampung inipun terbilang cukup maju, berjumlah 13 kelompok tani, yang berperan untuk meningkatkan taraf hidup petani, sekaligus wadah berorganisasi dan bersilaturahmi bagi masyarakat.
Selain itu, organisasi pemuda di kampung ini juga cukup aktif, seperti Karang Taruna yang diberi nama Panca Daya Bhakti, Risma, dan lain-lain.          

- Kelembagaan dan Sarana Prasarana
Secara kelembagaan, selain perangkat kampung dengan 6 Suku dan 24 RT, Kampung Pancakarsa Purnajaya diperkuat dengan keberadaan BPK, LPM, dan berbagai kelompok kelembagaan sosial kemasyarakatan lainnya.
Adapun fasilitas umum yang ada antara lain Balai Kampung, Kantor PKK, Posyandu, Puskesmas sebanyak 1 unit, Gedung TK 1 unit, SDN 1 unit, SMPN 1 unit, Koperasi Kampung 1 unit, dan sebuah lapangan olahraga yang diberi nama Lapangan Jupiter.
Kemudian untuk sarana peribadatan khususnya umat Islam, dikampung ini berdiri 7 mushola dan 1 masjid yang cukup megah, yaitu Masjid Baiturahman yang dibangun atas bantuan Yayasan Amal Bhakti Pancasila, serta untuk umat Kristen terdapat 1 buah Gereja. 

Prestasi Kampung
          Prestasi Kampung Pancakarsa Purnajaya mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten hingga Propinsi terbilang cukup baik.
          Prestasi tersebut diantaranya Juara I Kader HKM Puskesmas Menggala Tahun 1994, Juara II Lomba Kebersihan Desa HUT RI ke-50 Tahun 1995, Juara I Lomba P3KSS Tingkat Kecamatan dan  Kabupaten Tahun 2005, dan Juara III Lomba P3KSS Tingkat Propinsi Lampung Tahun 2005.
          Selain itu di bidang olahraga, terutama Sepakbola dan Volly Ball, koleksi piala Juara yang diraih Kampung Pancakarsa juga cukup banyak sejak Tahun 1990 hingga sekarang, yang sebagian disimpan dibalai kampung setempat.*** (fr)