Rabu, 06 Desember 2017

Camat Harapkan Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan

Musrenbangkam Bawang Sakti Jaya
Kembali hadir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung (Musrenbangkam) di salah satu kampung di wilayahnya yaitu di Kampung Bawang Sakti Jaya, Camat Banjar Baru Arianto,S.STP mengharapkan kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam mendukung keberhasilan pembangunan di kampungnya masing-masing.

“Karena upaya pemerintah dalam menggulirkan anggaran yang cukup besar ke kampung-kampung seperti Dana Desa itu bersifat membangkitkan partisipatif. Mulai dari pembangunan direncanakan oleh masyarakat, dibangun oleh masyarakat, dirawat oleh masyarakat dan diawasi pula oleh masyarakat,” kata Camat dalam pengarahannya pada Musrenbangkam yang dilaksanakan di Balai Kampung Bawang Sakti Jaya, Rabu Siang (6/12/2017).

Sehingga melalui Musrenbangkam yang dilaksanakan di tiap kampung, Camat berharap agar kegiatan ini juga dapat dijadikan sarana positif bagi masyarakat untuk menunjukkan peran dan partisipasinya, diantaranya dengan mengusulkan berbagai program prioritas dan strategis yang bermanfaat bagi kemajuan kampungnya masing-masing.

“Apalagi untuk kampung yang Kepala Kampungnya baru, seperti Bawang Sakti Jaya ini, melalui Musrenbangkam diharapkan berbagai elemen masyarakat dapat berperan dalam mengusulkan sebanyak-banyaknya program-program pembangunan strategis sebagai bahan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) kampung enam tahun ke depan, termasuk rencana pembangunan tahun 2018,” ujar Camat Arianto.

Usulan program pembangunan tersebut, imbuhnya, dapat disalurkan masyarakat melalui Musyawarah Dusun, atau kelembagaan kampung seperti BPK, PKK, LPM, Karang Taruna, Gapoktan, KWT dan kelembagaan lain yang ada di kampung, untuk disampaikan dan akan dibahas oleh Tim Penyusun RPJM kampung, yang diharapkan harus benar-benar bekerja dengan baik dalam menetapkan program pembangunan kampung berdasarkan skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat dan kepentingan kampungnya.

Dalam kegiatan Musrenbang Kampung Bawang Sakti Jaya yang berlangsung dari siang hingga sore sekira pukul 17.00 WIB itu, diantaranya juga hadir sejumlah Kasi dan Kasubbag Kecamatan Banjar Baru, unsur Puskesmas, serta Kepala Kampung Bawang Sakti Jaya, Sunardi beserta perangkat kampungnya, BPK, LPM, PKK, Gapoktan, KWT, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat setempat. ***

Tidak ada komentar: