Rabu, 01 November 2017

Camat Rencanakan Gerakan “Banjar Baru Bebas WC Cemplung”

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, serta mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan, Kecamatan Banjar Baru mendukung penuh program Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang yang dijalankan Puskesmas Banjar Baru, terkait pelaksanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Bahkan untuk mendukung keberhasilan program tersebut, Camat Banjar Baru, Arianto, S.STP telah memerintahkan 10 kampung di wilayahnya untuk melaksanakan program bantuan jamban sehat bagi masyarakat. Program ini ditegaskan Camat, agar dimulai kampung-kampung tahun 2018 mendatang, untuk mendukung terwujudnya “Banjar Baru Bebas WC Cemplung”.

Masih adanya sebagian masyarakat yang menggunakan WC Cemplung akibat faktor kurangnya kesadaran atau karena alasan ekonomi, menjadi fokus perhatian di Banjar Baru, mengingat ‘stop buang air besar sembarangan’, merupakan salah satu pendukung utama kesuksesan program STBM dari progres pelaksanaan 5 pilar STBM yaitu : stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

“Karena itu, Banjar Baru Bebas dari WC Cemplung, adalah salah satu gerakan yang kita rencanakan ke depan. Sehingga kampung-kampung diharapkan dapat melaksanakan program bantuan jamban sehat bagi masyarakat yang bisa dianggarkan dari dana kampung. Apalagi tahun depan sesuai kebijakan pemerintah, bidang kesehatan dan pendidikan menjadi perioritas dalam anggaran kampung,” kata Camat Banjar Baru Arianto, saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Pembentukan Tim STBM Kecamatan Banjar Baru, Oktober 2017 lalu.

Berdasarkan Keputusan yang dikeluarkan oleh Camat, Tim STBM Kecamatan Banjar Baru, diantaranya terdiri dari Kepala Puskesmas Banjar Baru dan jajarannya, Sekretaris Kecamatan dan Kasi Kecamatan Banjar Baru, Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kepala BPP Banjar Baru, Kepala KUA Banjar Baru, unsur Koramil, dan Korwas Pendidikan Banjar Baru.

Dengan telah terbentuknya Tim STBM Kecamatan itu, kemudian Camat juga menekankan kepada para Kepala Kampung untuk membentuk Tim STBM Kampung dengan Keputusan Kepala Kampung.

“Tim STBM Kecamatan diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya, serta agar dapat berkeliling ke kampung-kampung untuk melakukan pembinaan atau pemicuan STBM terhadap masyarakat, dengan dibantu Tim STBM Kampung. Sehingga diharapkan ke depan perilaku hidup bersih dan sehat di wilayah Kecamatan Banjar Baru dapat meningkat,” ujar Camat Arianto. *** (fr)

Tidak ada komentar: