Senin, 27 November 2017

Banjar Baru Peringati Hari Guru Nasional dan HUT ke-72 PGRI

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-72 PGRI Tahun 2017, digelar di Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang, Senin (27/11/2017), yang dipusatkan di halaman SMPN 01 Banjar Baru.

Camat Banjar Baru Arianto,S.STP bertindak selaku Inspektur Upacara, dengan peserta upacara antara lain para guru dan tenaga pendidikan, serta pelajar SD, SMP dan SMA yang ada di kecamatan Banjar Baru.

Selain itu, pada upacara tersebut juga hadir Sekretaris Kecamatan Banjar Baru, Antoni Saputra,SE beserta sejumlah jajaran kecamatan, Uspika, Kepala Kampung, serta pengurus PGRI Kecamatan Banjar Baru.

Dalam amanatnya, menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Pada Upacara Hari Guru Nasional, 25 November 2017, Camat Banjar Baru Arianto mengatakan, Tema Hari Guru kali ini adalah “Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru”.

“Tema ini erat kaitannya dengan implementasi Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Urgensi penguatan karakter ini semakin mendesak seiring dengan tantangan berat yang kita hadapi di masa-masa yang akan datang. Peserta didik saat ini adalah calon Generasi Emas Indonesia Tahun 2045,” ungkapnya.

Momentum Hari Guru Nasional, lanjut Camat, sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Di sisi lain, apakah kita sudah cukup memuliakan guru-guru kita yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil.

“Sebab, tak ada seorangpun yang sukses tanpa melalui sentuhan guru. Jadi apapun kita saat ini, guru-guru kita pasti ikut mewarnai bahkan bisa jadi merupakan salah faktor penentu keberhasilan kita,” tegasnya.

“Selamat memperingati Hari Guru Nasional dan HUT ke-72 PGRI Tahun 2017. Selaku Camat saya juga ingin menyampaikan rasa bangga, terima kasih dan penghargaan kepada seluruh guru dan tenaga pendidikan di Kecamatan Banjar Baru, yang selama ini telah menjalankan tugas dan pengabdiannya dengan sebaik-baiknya,” pungkas Camat Banjar Baru, Arianto. 





Tidak ada komentar: