Rabu, 29 November 2017

Blusukan Pagi Hingga Petang, Camat Hadiri Musrenbangkam


Kampung-kampung se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang, menggelar Musyawarah Pembangunan Kampung (Musrenbangkam) Tahun 2017, untuk membahas program kerja tahun 2018 mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Camat Banjar Baru Arianto,S.STP memberikan perhatian serius terhadap pelaksanaan Musrenbangkam, dengan ikut hadir langsung mengikuti dan menyaksikan kegiatan Musrenbangkam yang dilaksanakan di 10 Kampung di wilayahnya.

Musrenbangkam di 10 kampung se-Kecamatan Banjar Baru tahun ini, dijadwalkan dilaksanakan mulai tanggal 29 November 2017 s.d 07 Desember 2017. Berdasarkan jadwal tersebut, setidaknya dalam satu hari Camat Banjar Baru merencanakan akan hadir di dua kampung, dengan jadwal Musrenbangkam dimulai pada satu kampung dari pagi hingga siang, kemudian dilanjutkan ke kampung berikutnya dari siang sampai petang bahkan malam.

“Musrenbangkam di Kecamatan Banjar Baru dimulai tanggal 29 November 2017. Satu hari ada dua kampung yang melaksanakan. Ada yang dimulai dari pagi hingga siang, dan ada yang dimulai dari siang hingga sore bahkan malam. Rencananya saya beserta Jajaran kecamatan yang mendampingi, nantinya akan hadir di semua kampung,” kata Camat Banjar Baru, Arianto saat hadir pada Musrenbangkam di Kampung Karya Murni Jaya, Rabu (29/11/2017), didampingi Sekretaris Camat Antoni Saputra,SE dan jajaran Kecamatan Banjar Baru.

“Setiap tahun, rutinitas menghadiri Musrenbangkam ini sudah saya lakukan sejak bertugas di Banjar Baru. Karena saya sangat memandang penting Musrenbangkam ini. Dengan hadir di Musrenbangkam, kita bisa melakukan pembinaan, menyerap langsung aspirasi masyarakat dan mengetahui apa saja kebutuhan pembangunan di kampung-kampung. Selain itu juga kita (aparat kecamatan) bisa meningkatkan silaturahmi dan lebih dekat dengan aparat kampung dan masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Camat Arianto mengatakan, bahan yang dibahas dalam Musrenbangkam di tiap kampung adalah hasil dari Musyawarah Dusun (Musdus) yang telah dilaksanakan di masing-masing kampung. Musdus yang telah dilaksanakan menurutnya, berisi penggalian aspirasi, gagasan, pemetaan sosial, serta kalender musiman dan identifikasi masalah yang perlu diselesaikan di tiap kampung.

Sedangkan dari hasil Musrenbangkam ini nantinya akan dijadikan kerangka acuan dalam penetapan program pembangunan kampung yang akan dilaksanakan pada tahun mendatang yang dituangkan dalam RKP, APBKam, dan khusus untuk kampung-kampung yang barusaja melaksanakan Pilkakam, hasil Musrenbangkam ini nantinya juga merupakan bahan untuk menyusun RPJP dan RPJM kampung.

Jadwal Musrenbangkam Kecamatan Banjar Baru

1. Rabu, 29 November 2017
    - Pukul 09.00 WIB s.d selesai : Kampung Karya Murni Jaya
    - Pukul 13.00 WIB s.d selesai : Kampung Balai Murni Jaya

2. Kamis, 30 November 2017
    - Pukul 09.00 WIB s.d selesai : Kampung Mekar Jaya
    - Pukul 13.00 WIB s.d selesai : Kampung Mekar Indah Jaya

3. Selasa, 05 Desember 2017
    - Pukul 09.00 WIB s.d selesai : Kampung Jaya Makmur
    - Pukul 13.00 WIB s.d selesai : Kampung Kahuripan Jaya

4. Rabu, 06 Desember 2017
    - Pukul 09.00 WIB s.d selesai : Kampung Bawang Tirto Mulyo
    - Pukul 13.00 WIB s.d selesai : Kampung Bawang Sakti Jaya

5. Kamis, 07 Desember 2017
    - Pukul 09.00 WIB s.d selesai : Kampung Pancakarsa Purnajaya
    - Pukul 13.00 WIB s.d selesai : Kampung Panca Mulia

Tidak ada komentar: