Senin, 15 Desember 2014

Dua tahun GSMK Kecamatan Banjar Baru

Partisipasi Masyarakat Terbaik di Tulang Bawang

Pembangunan dan kemajuan kampung-kampung di kecamatan Banjar Baru, yang saat ini dipimpin oleh Camat Arianto, S.STP terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Bahkan saat ini lebih dioptimalkan lagi, sejalan dengan diimplementasikannya program unggulan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, yaitu Gerakan Serentak Membangun Kampung atau GSMK.

GSMK adalah program strategis yang digulirkan Pemerintah Daerah mulai tahun 2013, dan merupakan sebuah terobosan yang digagas langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang terpilih Masa Bhakti 2012-2017, Ir. Hanan A Rozak, MS dan Heri Wardoyo, SH, atau yang biasa disebut pasangan HANDOYO.

Melalui GSMK, Bupati dan Wakil Bupati HANDOYO tidak hanya menepati janji kampanyenya “Membangun dari Kampung”, tetapi juga ingin melakukan perubahan positif dalam paradigma pembangunan di kabupaten Tulang Bawang. Yaitu dari konsep pembangunan yang tadinya cenderung tersentralisasi di pusat pemerintahan dan perkotaan, kini menjadi pembangunan yang merata, dimulai dari kampung-kampung.

Dalam pelaksanaan GSMK tahun 2013, dari anggaran pemerintah daerah sebesar 30,2 Milyar Rupiah, kecamatan Banjar Baru mendapat alokasi dana BLM sebesar 2 Milyar Rupiah, untuk 10 kampung yang ada, dengan masing-masing kampung menerima alokasi dana GSMK sebesar 200 juta rupiah.

GSMK tahun 2013 sukses dilaksanakan di kecamatan Banjar Baru yang ditandai diantaranya, dari terlaksananya pembangunan infrastruktur di seluruh kampung, seperti jalan onderlagh, jembatan, gorong-gorong, drainase dan lain-lain.

Tidak hanya secara fisik, hasil positif lain dari GSMK adalah meningkatnya partisipasi dan gotongroyong masyarakat, dalam membangun kampungnya masing-masing. Sehingga pada GSMK Tahun 2013, swadaya masyarakat Banjar Baru diperkirakan mencapai sekitar 468 juta rupiah, penyerapan tenaga kerja 14.811 HOK, dan pendapatan yang bisa diperoleh masyarakat mencapai 740 juta rupiah.

Data Partisipasi Masyarakat GSMK tahun 2013
BPMPK Tulang Bawang
Selain itu dalam pelaksanaan GSMK tahun 2013, Banjar Baru juga tercatat sebagai satu dari dua kecamatan yang dinilai partisipasi masyarakatnya terbaik di Tulang Bawang, dengan katagori Tinggi yaitu persentasenya antara 60 s.d 80 persen.

GSMK tahun kedua, tahun 2014 kembali sukses dilaksanakan. Total alokasi anggaran BLM GSMK kecamatan Banjar Baru juga meningkat menjadi 2,1 Milyar Rupiah, yang secara fisik juga berdampak pada peningkatan pembangunan berbagai sarana infrastruktur di kampung-kampung di wilayah kecamatan ini.

Tidak hanya itu, pada tahun 2014 di Banjar Baru terjadi peningkatan swadaya masyarakat mencapai 495 juta rupiah, penyerapan tenaga kerja mencapai 12,975 HOK dan pendapatan masyarakat dari GSMK diperkirakan mencapai 778 juta rupiah.

Data Partisipasi Masyarakat GSMK tahun 2014
BPMPK Tulang Bawang
Dan lagi-lagi dalam hal partisipasi masyarakat mensukseskan GSMK, Banjar Baru kembali mencatatkan diri sebagai satu dari dua kecamatan terbaik se-Tulang Bawang. Tahun 2014, partisipasi masyarakat Banjar Baru katagorinya meningkat menjadi Sangat Tinggi, yaitu dengan persentase lebih dari 80 persen.

Kunci sukses GSMK yang telah dilaksanakan dalam dua tahun ini di kecamatan Banjar Baru, tak lepas dari tingginya antusiasme masyarakat, serta peran aktif seluruh unsur terkait, termasuk perhatian besar yang diberikan oleh Camat Banjar Baru Arianto beserta jajarannya. ***

Tidak ada komentar: